Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur, dan Contohnya

Struktur teks eksposisi dan contohnya – Halo sahabat Website Guru semuanya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian, struktur, ciri ciri teks eksposisi beserta dengan contohnya. Diharapkan setelah mempelajari materi tersebut, Anda dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan teks eksposisi dan menjelaskan ciri ciri teks eksposisi.

Definisi Teks Eksposisi

Apa itu teks eksposisi? Teks eksposisi adalah suatu teks yang digunakan untuk memaparkan dan menjelaskan suatu informasi. Kata eksposisi berasal dari bahasa Inggris yaitu expose. Tujuan teks eksposisi adalah untuk menyingkap sesuatu.

Teks eksposisi menyingkap suatu permasalahan dari sudut pandang penulis. Penulis akan berusaha membuktikan pendapatnya melalui argumen dan penegasan ulang.

Struktur Teks Eksposisi dan Contohnya

Apa saja unsur-unsur utama teks eksposisi? Berikut ini yang termasuk struktur teks eksposisi adalah tesis, argumentasi, penegasan ulang.

struktur teks eksposisi dan contohnya

1. Tesis

Tesis adalah bagian awal yang keberadaannya penting karena berisi sudut pandang penulis terhadap topik yang dibahasnya.Tesis berisi pernyataan yang akan diperkuat dengan argumen.

Contoh tesis teks eksposisi

Selama ini banyak remaja beranggapan bahwa pendidikan adalah datang ke lembaga formal denga hasil akhir mendapatkan ijazah. Pemikiran ini pun bertahan saat remaja berubah menjadi dewasa. Padahal, pendidikan dapat dimulai dan dilakukan di mana pun serta tidak mengenal ijazah sebagai tanda kesukesan dalam pendidikan.

2. Argumentasi

Argumentasi adalah data, alasan, atau fakta yang digunakan untuk memperkuat pernyataan dalam tesis. Argumentasi dapat berupa data hasil temuan penelitian, pernyataan para ahli atau fakta-fakta yang didasari atas referensi yang dapat dipercaya.

Baca Juga:  Materi Teks Laporan Percobaan Kelas 9 Pengertian Contoh Dan Unsur Laporan Perubahan Modal

Contoh argumentasi

Pendidikan adalah proses mencari hal-hal yang baru untuk memperluas cakrawala. Proses menemukan hal-hal baru inilah yang tentu saja tidak akan selalu bisa kita dapatkan dari sekolah. Seorang pelajar harus membawa dirinya ke dalam dunia pendidikan yang lebih luas, seperti membiasakan diri dalam membaca, mencoba berpikir tentang suatu hal atau memecahkan permasalahan, atau berorganisasi sebagai upaya terjun ke masyarakat.

3. Penegasan Ulang/Simpulan

Penegasan ualang/ simpulan adalah bagian akhir dari teks eksposisi. Bagian ini mengandung pernyataan simpulan yang menegaskan kembali tesis yang telah disebutkan di awal teks dan dibuktikan atau diperkuat oleh unsur argumen pada poin kedua.

Contoh penegasan ulang

Nyatalah kini bahwa pendidikan tidak hanya kita dapatkan dengan bersekolah atau mendatangi lembaga formal. Proses meraih pendidikan lebih luas daripada itu dan bisa didapatkan di mana pun kita berada.

Contoh Teks Eksposisi

Untuk lebih memahami tentang struktur teks eksposisi, silahkan perhatikan contoh teks eksposisi yang ada di bawah ini.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

struktur teks eksposisi dan contohnya
struktur teks eksposisi dan contohnya : Contoh teks eksposisi tentang kesehatan

Masalah kesehatan menjadi perhatian penting yang sering dialami remaja. Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi adalah kesalahan pola makan. Remaja yang dituntut untuk melakukan diet acapkali menerapkan pola diet yang salah. Mereka mengurangi drastis asupan makanannya. Akibatnya mereka mudah sakit, dan kekurangan gizi. Oleh karena itu, kita harus peka melihat teman kita yang mengalami masalah ini. Ajak mereka untuk berkonsultasi kepada dokter agar mengetahui pola diet yang tepat dan baik bagi kesehatan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

struktur teks eksposisi dan contohnya
struktur teks eksposisi dan contohnya : Contoh teks eksposisi tentang pendidikan

Bahasa mencerminkan suatu bangsa. Keberadaan bahasa daerah di Indonesia mencerminkan keberagaman budaya yang kita miliki. Bahasa daerah memiliki peran agar komunikasi sesama suku berjalan lebih akrab sehingga kekerabatan berlangsung semakin erat. Namun amat disayangkan, beberapa bahasa daerah kondisinya memprihatinkan. Indonesia memiliki 706 bahasa dan 266 diantaranya berstatus bermasalah.

Baca Juga:  Teks Laporan Adalah Teks Yang Ditulis Berdasarkan Fakta Disebut

Pakar linguistik dari Universitas Indonesia, Prof. Dr. Multamia Lauder, mencatat ada 25 bahasa di Indonesia yang berstatus hampir punah. Bahasa yang berstatus hampir punah itu di antarnya adalah Aputai, Burumakok, Duriankere, Emplawas, Kaibobo, Kanum, Badi, Kayupulau, Kembra dan Kwerisa. Menurutnya, masalah bahasa terjadi karena begitu banyak bahasa yang ada di Maluku dan Papua namun hanya sedikit penuturnya. Keadaan tersebut berbanding terbalik dengan Indonesia bagian barat, sedikit bahasa tapi banyak penutur.

Oleh karena itu, untuk mempertahankan khazanah budaya Indonesia, jangan sampai ada lagi bahasa yang dinyatakan punah. Semakin banyak bahasa daerah yang terjaga, maka semakin kokoh pula Indonesia sebagai negara dengan budaya paling beragam di dunia.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

struktur teks eksposisi dan contohnya
struktur teks eksposisi dan contohnya : Contoh teks eksposisi tentang lingkungan

Biopori sebagai Alternatif Penyelamatan Lingkungan

Lahan resapan air sudah sangat sulit ditemukan di daerah perkotaan. Padahal, lahan resapan air sangat dibutuhkan untuk menjaga lingkungan. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuat biopori. Biopori dapat menjadi alternatif penyelamatan lingkungan karena beberapa alasan.

Pertama, biopori dapat menjadi ruang resapan air di daerah berlahan sempit dan dapat dibuat pada permukaan tanah bersemen. Biopori dapat mengatasi masalah yang ditimbulkan sampah organik. Dalam pembuatan lubang resapan biopori ini diperlukan sampah organik yang berfungsi untuk sumber makanan bagi fauna dan akar tanaman pada tanah.

Di samping itu, biopori dapat mengurangi banjir. Dengan adanya lubang biopori, air hujan akan masuk ke tanah sehingga mengurangi air hujan yang mengalir ke selokan dan jalan.

Oleh sebab itu, biopori perlu diterapkan untuk menyelamatkan keadaan lingkungan. Apalagi biopori ini sudah terbukti dapat mengatasi berbagai masalah lingkungan.

Kesimpulan

Setelah mempelajari materi tentang pengertian dan struktur teks eksposisi serta mengamati contohnya, kita dapat menarik kesimpulan bahwa:

Struktur teks ekposisi terdiri atas tiga bagian, yaitu

  1. Tesis (pernyataaan atau pendapat awal yang belum dibuktikan)
  2. Argumentasi (pembuktian atas pernyataan yang dikemukakan di dalam tesis)
  3. Penegasan ulang (menegaskan atau mengungkapkan kembali apa yang telah dijelaskan dalam bagian tesis)

Demikian penjelasan mengenai pengertian serta struktur teks eksposisi dan contohnya yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment